Apa Itu RDP Beserta Fungsinya dan Manfaatnya

Sekarang ini kebutuhan akan akses internet cepat mejadi kebutuhan bagi semua pengguna internet. Data yang diperoleh dari Ookla pada bulan Mei menyebutkan bahwa peringkat kecepatan internet di Indonesia menempati peringkat 116 dari 174 negara. Tentunya ini sangat memprihatinkan, rata-rata kecepatan internet di Indonesia saat ini hanya 19,15 Mbps, sementara untuk rata-rata kecepatan internet dunia saat ini mencapai 74,4 Mbps, berarti Indonesia masih jauh dari rata-rata kecepatan internet di dunia.

Untuk kecepatan akses mobile, peringkat Indonesia juga tidak berbeda jauh. Dari jumlah 174 negara, Indonesia menempati peringkat ke 113. Data yang diperoleh dari Ookla menyebutkan bahwa rata-rata kecepatan mobile di Indonesia saat ini hanya 14,02 Mbps, sementara kecepatan internet rata-rata di dunia saat ini mencapai 30,89 Mbps. Solusi lain yang bisa mengatasi permasalahan kecepatan internet adalah dengan menggunakan layanan RDP (Remote Desktop Protocol). Nah lalu apa itu RDP serta fungsi dan kegunaanya untuk masalah kecepatan internet? Mari kita bahas dibawah ini.

Remote Desktop adalah salah satu fitur yang terdapat di dalam sistem operasi Microsoft Windows XPWindows Server 2003Windows Vista, dan Windows Server 2008, yang mengizinkan penggunanya untuk terkoneksi ke sebuah mesin jarak jauh seolah-olah mereka duduk di depan mesin yang bersangkutan. Remote Desktop menggunakan protokol Remote Desktop Protocol (RDP), dan secara default berjalan di TCP port 3389.

Remote Desktop Protocol (sering disingkat menjadi RDP) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan oleh Microsoft Windows Terminal Services dan Remote Desktop. RDP dibuat berdasarkan protokol T.120 yang spesifikasinya diumumkan oleh International Telecommunication Union (ITU), yang juga merupakan protokol yang digunakan di dalam perangkat lunak konferensi jarak jauh Microsoft NetMeeting. Klien-klien yang mendukungnya bervariasi, mulai dari sebagian besar sistem operasi Windows 32-bit (termasuk Windows CE dan PocketPC), hingga sistem operasi lainnya, seperti Linux, FreeBSD, UNIX Solaris, dan Apple Mac OS X. Secara default, server yang membuka protokol ini, akan membuka port TCP 3389.

Contoh mudahnya penggunaan RDP saat ini yaitu ketika  Anda sedang membuka komputer di Jogja, kemudian membuka aplikasi Remote Desktop Connection pada Windows untuk mengakses komputer server RDP yang berada di Singapura secara online, saat sudah terhubung Anda bisa melakukan kegiatan apa saja dengan komputer RDP tersebut bahkan 24 jam online terus.

Fungsi RDP

Ada beberapa fungsi penting yang dimiliki oleh RDP yang perlu Anda ketahui, berikut pembahasan mengenai fungsi RDP:

  • RDP digunakan untuk Anda yang membutuhkan kecepatan internet yang tinggi, minimal 100Mbps sampai 1Gbps bahkan lebih tergantung dari spesifikasi RDP yang Anda sewa.
  • Dengan kecepatan tinggi RDP cocok untuk Anda yang suka upload dan download dari berbagai website dengan kapasitas yang besar.
  • Dengan adanya RDP Anda bisa menjalankan BOT untuk keperluan website Anda tanpa membebani server yang Anda miliki, jadi cocok untuk keperluan berat dengan kecepatan internet yang tinggi seperti bisnis trading.

Untuk bisa menggunakan semua fungsi tersebut nampaknya Anda perlu membeli layanan RDP yang banyak dijual para seller-seller di Internet, tetapi Anda perlu menanyakan terlebih dahulu tentang spesifikasi dan cara penggunaan RDP.

Cara Menggunakan RDP

Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa aplikasi remote desktop sudah default tersedia pada  sistem operasi Windows, untuk menggunakannya Anda tinggal membuka saja. Bagi Anda yang belum tahu cara menggunakan RDP dari OS Windows silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini:

  1. Silahkan Anda ke menu ‘Search’ yang ada pada pojokan Windows kemdian pada kolom search tuliskan ‘RDP’.

  2. Jika sudah muncul silahkan pilih aplikasi ‘Remote Desktop Connection’.

  3. Saat sudah terbuka tampilan Remote Desktop Connection silahkan masukan akun RDP pada bagian ‘Computer’ dan ‘User name’.

  4. Jika semuanya sudah silahkan klik ‘Connect’.

  5. Tunggu prosesnya hingga selesai connect dengan komputer RDP yang sudah Anda sewa.

Jika sudah bisa connect dengan komputer RDP, Anda bisa menggunakannya seperti komputer Windows yang biasa Anda pakai. Untuk traffic, bandwidth dan resource semuanya menggunakan langsung dari server RDP, jadi Anda hanya perlu memiliki jaringan internet untuk mengakses komputer RDP saja.

Manfaat RDP

Memiliki RDP memang memiliki banyak sekali kemanfaatan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Karena Anda tidak perlu mengorbankan resource yang ada pada komputer yang Anda miliki, cukup menggunakan koneksi internet saja. Nah berikut beberapa manfaat RDP yang akan Anda dapatkan:

1. Koneksi internet lebih cepat dan stabil

RDP memiliki kelebihan pada kecepatan internetnya, bukan RDP namanya kalau internetnya lemot. Anda bisa menyesuaikan sesuai paket apa yang Anda sewa, semakin mahal berarti semakin cepat pula komputer RDP yang Anda sewa bahkan bisa sampai 1Gbps.

2. Download dan Upload data menjadi lebih cepat

Untuk kecepatan yang dimiliki RDP tidak diragukan lagi, jadi untuk proses upload download akan lebih cepat daripada menggunakan jaringan internet biasa. Misal saat Anda melakukan migrasi website dengan ukuran data sampai 100 GB, berapa lama yang Anda butuhkan untuk bisa memindahkan semuanya ke server baru. Dengan RDP kecepatan 200Mbps proses pindah server ini tidak akan memakan waktu yang lama, Anda cukup melakukan login ke akun hosting melalui RDP saja.

3. Selalu aktif 24 jam

Ini yang menjadi nilai plus RDP, komputer akan selalu online 24 jam. Jadi untuk Anda yang memiliki BOT atau Tool membutuhkan komputer selalu on terus-terusan maka RDP ini bisa menjadi solusi. Jadi untuk kegiatan yang membutuhkan waktu lama seperti encoding video, upload download file besar maka cocok menggunakan RDP. Tetapi ada beberapa kegiatan yang dilarang seperti Mining dan kegiatan yang akan membebani server yang bisa menyebabkan server down.

4. Custom spesifikasi sesuai kebutuhan

Saat melakukan pembelian, Anda bisa mengkustom spesifikasi komputer RDP yang Anda sewa sesuai dengan kebutuhan. Jadi Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

5. Kuat menjalankan program berat

RDP selain memiliki akses internet cepat juga bisa menjalankan program yang berat sesuai dengan spesifikasi server. Semakin baik server maka akan semakin aman untuk menjalankan program-program komputer yang bisa Anda install secara langsung pada RDP.

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: